Ditulis Pada 30 Oktober 2017 14:11 WIB

Prof. Zudan: Pertama Kali Pasca Merdeka, Indonesia Data WNI di Luar Negeri

Jakarta – Langkah nyata memberi kepastian hukum untuk menjamin terpenuhinya hak kepemilikan identitas kependudukan kepada setiap WNI, termasuk di luar negeri, kini sedang digagas Kementerian Dalam Negeri. Melalui Ditjen Dukcapil langkah tersebut akan mulai terealisasi pada Februari 2018 mendatang.

 

“Pendataan ulang menyeluruh ini baru pertama kali sejak Indonesia merdeka”, ungkap Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh langsung dari Arab Saudi, Jum’at (27/10/2017). 

 

Untuk itu, Kemendagri dan Kemenlu akan membangun Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di seluruh perwakilan Indonesia di luar negeri. 

 

“131 perwakilan Kemenlu akan diberi tugas tambahan sebagai pejabat pencatatan sipil seperti Dinas Dukcapil”, lanjut Prof. Zudan. 

 

Langkah ini, menurut Prof. Zudan, merupakan perintah langsung Mendagri Tjahjo Kumolo. “Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memang memerintahkan agar pendataan di luar negeri jangan diabaikan. Harus sama-sama fokus”, tambahnya. 

 

Menindaklanjuti langkah tersebut, Prof. Zudan melakukan pertemuan tingkat pimpinan dan tingkat teknis di Kota Madinah, Arab Saudi, selama lima hari pada tanggal 24 sampai 28 Oktober 2017.

 

“Pertemuan itu membicarakan masalah pendataan penduduk di wilayah Arab Saudi dan Yordania”, jelas Prof. Zudan sambil mengungkapkan rasa syukurnya karena pembahasan tersebut sudah selesai. 

 

Pertemuan di antaranya diikuti oleh Dirjen Protokol dan Konsuler Kemenlu, Sekretaris Utama BNPTKI, dan Direktur Bappenas. 

 

Selain itu, juga hadir wakil KBRI dan Konjen Riyadh, Jeddah, Madinah, Qatar, Kuwait, Oman, Bahrain, Yordania, dan Uni Emirat Arab. Dukcapil***

Berita Populer

Berita Video

Ditulis Pada 21 November 2017 11:28 WIB

Ketua DPN Korpri Ajak Jajarannya Meriahkan HUT ke-46 Korpri
Site Stats