Ditulis Pada 09 Oktober 2017 21:14 WIB

Percepat Data Kematian Warga, Kotamobagu Terbitkan Perwako

Kotamobagu – Untuk mewujudkan tertib dan akurasi data kependudukan, Walikota Kotamobagu Tatong Bara menerbitkan Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 22 Tahun 2017 Tentang Penerbitan Akta Kematian Cepat dan Tepat Waktu. 

 

Menanggapi Perwako, Kepala Dinas Dukcapil, Virgina Olii menjelaskan, program untuk pencatatan sipil baik yang meninggal atau yang baru lahir memang sudah ada, namun saat ini sudah memiliki payung hukum melalui Perwako. 

 

“adi Perwako itu merupakan payung hukum untuk menunjang program ini. Sehingga tidka butuh lama proses penerbitan Akta Kematian cepat dan tapat waktu dan langsung diserahkan di rumah duka usai pelaksanaan ibadah pemakaman”, jelas Virgina baru-baru ini.

 

Ia menambahkan, Akta Kematian sangat penting karena menjadi syarat bagi ahli waris dalam mengurus Taspen, warisan, klaim asuransi dan syarat jika salah pihak hendak melakukan pernikahan kembali.

 

Selain itu, menurutnya data warga yang meninggal otomatis dinonaktifkan. 

 

“Hal ini terus akan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat, mengingat Perwakonya sudah ditandatangani Walikota”, jelasnya. 

 

Sebagaimana amanat undang-undang administrasi kependudukan, pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan, termasuk Akta Kematian dan kelahiran, tidak dipungut biaya atau gratis. 

 

“Hal ini sebagai komitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat”, lanjutnya. 

 

Pihaknya menghimbau kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa agar segera melaporkan setiap terjadi peristiwa duka di wilayahnya. 

 

Dinas Dukcapil setempat menyediakan layanan contact person melalui 085342822428 (Miska Mokodompis) dan 085242324093 (Hely Manggopa). 

 

Sejak diluncurkan, layanan ini mendapat respon positif dari warga, dan langsung mengurus Akta Kematian bagi anggota keluarganya yang meninggal dunia.  Dukcapil***

 

Berita Populer

Berita Video

Ditulis Pada 21 November 2017 11:28 WIB

Ketua DPN Korpri Ajak Jajarannya Meriahkan HUT ke-46 Korpri
Site Stats