Ditulis Pada 20 November 2017 13:03 WIB

Bappenas Sosialisasikan Aplikasi e-Monev G3 di Ditjen Dukcapil

Jakarta - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melakukan sosialisasi penerapan aplikasi e-Monev (elektronik monitoring dan evaluasi) generasi ketiga di Ditjen Dukcapil Kemendagri, Jakarta, Senin (20/11/2017). 

 

Aplikasi e-Monev generasi ketiga ini akan efektif mulai diterapkan pada tahun 2018 mendatang. 

 

"Aplikasi e-Monev generasi ketiga kami kembangkan dari e-Monev yang saat ini kita terapkan. Hal ini untuk mengisi hal-hal yang masih belum diakomodir pasa versi sebelumnya. Tahun 2018 kita mulai terapkan", jelas Kasubdit Sistem Informasi dan Pelaporan Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Bappenas, Heriyadi. 

 

Menurut Heriyadi, penerapan aplikasi e-Monev dalam sistem monitoring evaluasi merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2006. 

 

Di awal penetapan Peraturan tersebut sampai tahun 2016, sistem monitoring evaluasi masih dilakukan secara manual. Pada tahap ini dikenal dengan penerapan Monev generasi pertama. 

 

Baru pada tahun 2011, generasi kedua mulai dikembangkan dan diterapkan dengan adanya aplikasi e-Monev. 

 

Selanjutnya, pada tahun 2016 dan 2017, e-Monev generasi ketiga dikembangkan. Generasi ketiga inilah yang nanti akan mulai diterapkan pada tahun 2018. 

 

Dibanding generasi sebelumnya, aplikasi e-Monev generasi ketiga memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya terkait adanya perhitungan target dan realisasi menggunakan angka absolut dan parsial di tiap wilayah. 

 

Selain itu, fokus pemantauan lebih pada pengumpulan data realisasi pelaksanaan program kegiatan, dan pemantauan dilakukan dari komponen terkecil dari aplikasi Krisna. Generasi ketiga ini juga mengakomodir banyak level pengguna. 

 

Terkait hasil pemantauan, perkembangan pelaksanaan program kegiatan dilakukan berdasarkan status pelaksanaan (perencanaan, persiapan, pelaksanaan, hampir selesai, termanfaatkan). Dukcapil***

Berita Populer

Berita Video

Ditulis Pada 21 November 2017 11:28 WIB

Ketua DPN Korpri Ajak Jajarannya Meriahkan HUT ke-46 Korpri
Site Stats