Ditulis Pada 16 April 2018 12:35 WIB

Urus KTP-el Kurang Satu Jam, Mendagri Pantau Layanan di Merauke

Merauke - Mendagri Tjahjo Kumolo menyaksikan langsung bagaimana tim pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) bisa menyelesaikan rekam cetak KTP-el kurang dari satu jam. 

 

Didampingi Sekretaris Ditjen Dukcapil I Gede Suratha, Tjahjo bahkan melihat dan menyerahkan langsung KTP-el hasil pelayanan yang hanya membutuhkan waktu 30 menit kepada seorang warga wajib KTP pemula. 

 

“Lama sekali tekennya akhirnya dia dapat (KTP-el). Saya bilang jangan teken, tulis saja namanya deh. Nah sekarang sudah jadi (KTP-elnya)”, kata Tjahjo pada warga tersebut di lokasi pelayanan kantor Bupati Merauke, Senin (16/04/2018). 

 

Peristiwa ini berlangsung bersamaan dengan wawancara berbagai media massa dengan Mendagri terkait layanan Adminduk. 

 

Menyinggung instruksi Presiden Jokowi terkait pelayanan Adminduk satu jam, Tjahjo menyatakan komitmennya untuk melaksanakan perintah Presiden. Menurutnya, layanan cepat bahkan hanya 30 menit sudah dibuktikan di Merauke. 

 

“Makanya kami buat Instruksi harus satu jam selesai, sepanjang tidak ada error komputer, sepanjang tidak listrik mati, termasuk jaringannya jalan”, tegas Tjahjo.

 

Jaringan adalah salah satu kendala yang sering dihadapi, termasuk di Merauke. “Sepanjang itu ada gangguan-gangguan tadi mohon dimaafkan kalau ternyata lebih dari satu jam”, lanjutnya. 

 

Sebagaimana amanat Undang-Undang Adminduk, Mendagri juga menyatakan komitmennya bahwa semua layanan tersebut gratis.

 

“Gratis nggak ada (biaya), termasuk Akta Kelahiran, Akta Kematian, KTP-el, buat formulir KK, itu gratis. Soal di daerah masih ada oknum-oknum yang nakal ya terus kita tingkatkan (pengawasannya)”, pungkas Tjahjo. 

 

Sedang terkait blangko KTP-el, Tjahjo mengaku saat ini masih tersedia 1,7 juta keping. 

 

“Kalau ada alasan blangko (KTP-el) itu habis gak ada (alasan)”, tutup Tjahjo. 

 

Untuk diketahui, Dinas Dukcapil Kabupaten Merauke bersama tim Ditjen Dukcapil Kemendagri membuka layanan KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya di kantor Bupati Merauke. 

 

Layanan yang merupakan rangkaian kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2018 yang diinisiasi BNPP ini berlangsung selama empat hari pada tanggal 16 sampai 19 April 2018. Dukcapil***