Ditulis Pada 16 April 2018 21:26 WIB

Sota Kampung Sadar Adminduk, Membangun Indonesia dari Pinggiran

Merauke - Sota menjadi kampung pertama di Indonesia yang ditetapkan sebagai Kampung Sadar Administrasi Kependudukan (Adminduk). 

 

Terletak di perbatasan RI - Papua Nugini, Sota yang menjadi bagian dari Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua merupakan bukti nyata perwujudan Nawacita Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari pinggiran. 

 

“Kampung Sota menjadi yang pertama di Indonesia yang dijadikan sebagai Kampung Sadar Adminduk. Pencanangan Kampung Sota sebagai Kampung Sadar Adminduk akan diumumkan langsung oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze besok (hari ini)”, jelas Sekretaris Ditjen Dukcapil Kemendagri (Sesditjen) I Gede Suratha di Merauke, Minggu (15/04/2018).

 

I Gede Suratha didampingi Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Merauke berkunjung ke Merauke sebagai rangkaian kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2018. 

 

“Setelah pencanangan Sota sebagai Kampung Sadar Adminduk, kita akan memantau terus perkembangannya sehingga Kampung Sota akan mencapai 100 kepemilikan dokumen kependudukan”, lanjut Sesditjen. 

 

Pencanangan Sota sebagai Desa Sadar Adminduk, masih menurut I Gede Suratha, akan memicu daerah lain melakukan hal yang sama. 

 

“Bahkan nanti di Balikpapan dalam waktu dekat akan kita canangkan sebagai Kota Sadar Adminduk”, lanjutnya. 

 

Untuk diketahui, Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menko Pulhukam Wiranto dijadwalkan menghadiri beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka Gerbangdutas 2018. 

 

Di antaranya, temuan teknis pengelolaan kawasan perbatasan negara, panen bersama tanaman padi di Kampung Margamulia, serta pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).

 

Sebagai kesiapan Sota sebagai Kampung Sadar Adminduk, Mendagri sudah tiba lebih dulu di Merauke. Usai mendarat di Bandara Mopah pada pagi tadi, Tjahjo Kumolo bersama rombongan langsung mengunjungi Kampung Sota. Sesditjen I Gede Suratha juga ikut mendampingi Mendagri. 

 

Untuk pelayanan Adminduk, Sesditjen pun memantau langsung kesiapan pelayanan di Kantor Bupati Merauke. Tim teknis pelayanan Dinas Dukcapil setempat bersama tim Ditjen Dukcapil bahkan sudah berada di kantor Bupati sejak dua hari sebelumnya. Dukcapil***