Ditulis Pada 16 April 2018 08:24 WIB

Mendagri Pantau Perbatasan RI - PNG, Sota Jadi Desa Sadar Adminduk

Merauke - Sebagai komitmen membangun perbatasan negara, Mendagri Tjahjo Kumolo memantau langsung kawasan perbatasan RI dengan Papua Nugini (PNG) di Merauke, Minggu (15/04/2018). 

 

Tiba pagi hari di Bandara Mopah, Mendagri beserta rombongan langsung menuju Kampung Sota, Distrik Sota, Merauke. Mewakili Dirjen Dukcapil Kemendagri, Sekretaris Ditjen Dukcapil I Gede Suratha juga turut mendapingi Tjahjo Kumolo. 

 

Hal ini di antaranya terkait pencanangan Sota sebagai Kampung Sadar Adminduk di Merauke. Pencanangan ini menjadi yang pertama di Indonesia sejak diluncurkannya Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) pada Februari 2018 lalu saat Rakornas Dukcapil di Kota Batam. 

 

“Pak Jokowi ingin semua perbatasan dibangun. Pak Jokowi ingin dari ujung Rondo, Natuna, Skouw, seluruh perbatasan bagus dan ada manfaat bagi masyarakat sekitar," kata Tjahjo.

 

Sebagai Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Tjahjo berada di Merauke untuk memastikan berlangsungnya pembangunan di Sota mulai dari Puskesmas, rumah sakit, markas Pamtas dan infrastruktur lainnya. 

 

Pembangunan ini merupakan bagian dari Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2018 yang diinisiasi BNPP.

 

Sementara itu, pencanangan Desa Sota sebagai Desa Sadar Adminduk dilakukan oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze hari ini pada pembukaan Gerbangdutas di Kantor Bupati. 

 

Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menko Pulhukam Wiranto dijadwalkan hadir di acara ini. Dukcapil***