Ditulis Pada 02 Maret 2016 04:41 WIB

Memasuki Bulan Maret, Dinas Dukcapil Kab. Bantul Siapkan Layanan Terpadu Itsbat Nikah

Bantul - Kepastian hukum merupakan salah satu tujuan utama pemberian dokumen kependudukan. Untuk itu, guna memberi kepastian hukum bagi masyarakat yang perkawinannya belum tercatat, Pemerintah Kabupaten Bantul bersama Pengadilan Agama Bantul dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, menandatangani Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama tentang Pelaksanaan Pelayanan Terpadu dalam Sidang Itsbat Nikah, Pencatatan Nikah, dan Pencatatan Kelahiran, di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul, Selasa (09/02/2016).

 

Kesepakatan ini bertujuan untuk mewujudkan dan menguatkan komitmen para pihak yang terlibat dalam rangka memberikan layanan prima kepada masyarakat terkait sidang itsbat nikah, pencatatan nikah, dan pencatatan kelahiran di Kabupaten Bantul. Sedangkan untuk perjanjian, bertujuan untuk memberikan kepastian hukum bagi masyarakat yang perkawinannya belum tercatat sehingga dapat mewujudkan tertib pencatatan nikah dan pencatatan kelahiran.

 

Realisasi pelaksanaan pelayanan terpadu sidang itsbat nikah, pencatatan nikah, dan pencatatan kelahiran di Kab. Bantul dilaksanakan pada bulan Maret 2016. Dukcapil***