Ditulis Pada 05 Februari 2018 23:07 WIB

Layanan 3 In 1 Pemkot Probolinggo Bermitra dengan Bidang Desa

Probolinggo – Kota Probolinggo melalui Dinas Dukcapil melayani penerbitan Akta Kelahiran bermitra dengan para bidan terutama bidan desa. Program ini merupakan bagian dari layanan 3 in 1 dokumen kependudukan.

 

Hal ini tertuang dalam perjanjian kerjasama antara Kepala Dinas Dukcapil dengan Ketua Ikatan Bidan Indonesia Kota Probolinggo yang ditandatangani baru-baru ini.

 

“Biasanya ibu melahirkan di bidan selama 3 hari, di hari pertama kelahiran semua data sudah diisi dan disahkan oleh bidan langsung dikirim ke Dinas Dukcapil”, ujar Kabid Pencatatan Sipil Dinas Dukcapil Kota Probolinggo, Imam Juli, Minggu (04/02/2018).

 

Dengan demikian, menurutnya, ketika ibu dan bayi siap pulang Akta Kelahiran pun sudah jadi dan siap diserahkan. Selain itu, juga akan diserahkan Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Identitas Anak (KIA). Semuanya dilayani secara gratis.

 

“Ini salah satu upaya kami untuk meningkatkan layanan dan kesadaran masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan. Layanan kita bahkan mulai pukul 06.00 sampai selesai,” sambungnya.

 

Layanan 1 in 3 bermitra dengan bidan ini mendapat apresiasi Wali Kota Probolinggo Rukmini.

 

“Dengan begitu Pemkot Probolinggo sudah turut menyukseskan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) tentang peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran. Masyarakat bisa lebih mudah mengurus data kependudukannya”, jelas Rukmini.

 

Selain itu, Dinas Dukcapil menawarkan banyak kemudahan bagi warga dalam mengurus dokumen kependudukan. Semua layanan tersebut gratis tanpa dipungut biaya apapun.

 

 

Dengan segala kemudahan tersebut, Dinas Dukcapil berharap agar warga Kota Probolingo antusias mengurus dokumen kependudukan. Termasuk melaporkan setiap perubahan elemen data kependudukan yang dialaminya kepada Dinas Dukcapil. Dukcapil***