Ditulis Pada 09 Januari 2018 17:49 WIB

e-Lampid, Pindah Datang/Keluar di Kota Surabaya Semakin Mudah

Surabaya – Hadirnya layanan online administrasi kependudukan semakin memanjakan penduduk Kota Pahlawan Surabaya. Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Dukcapil menghadirkan ragam kemudahan bagi warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan. 

 

Tidak perlu jauh-jauh mendatangi kantor pelayanan, apalagi mengantri tunggu panggilan, layanan ini bisa diakses melalui laptop, komputer, atau dengan smarphone cukup dari rumah atau saat berada di tempat kerja. 

 

Kemudahan ini tidak hanya bisa dinikmati oleh penduduk Kota Surabaya. Penduduk dari daerah lain yang ingin mengenyam pendidikan, sekolah, kuliah atau ingin bekerja di Kota Surabaya juga diberi kemudahan untuk menjadi warga Kota Pahlawan. 

 

Dinas Dukcapil juga menyediakan layanan e-kios untuk mengakses e-Lampid. e-Kios layanan tersedia di beberapa tempat dan fasilitas umum, termasuk di kantor kecamatan, kelurahan dan Dinas Dukcapil Kota Surabaya. 

 

"Dengan e-Lampid, pengurusan pindah datang dan pindah keluar dilakukan secara online. Silakan mengurus dokumen kependudukan Anda", ajak Kepala Dinas Dukcapil Kota Surabaya Moh. Suharto Wardoyo melalui video layanan di atas. 

 

Untuk mengakses layanan e-Lampid, silakan akses amalat url http://lampid.surabaya.go.id/.

 

Setelah mengakses alamat url di atas, maka akan tersedia beberapa menu layanan, di antaranya adalah Pindah Datang dan Pindah Keluar. 

 

Berikut beberapa menu layanan di e-Lampid. 

 

Kelahiran

 

Klik menu Kelahiran, lalu akan ada tiga menu berikutnya, yakni Daftar Kelahiran dengan mengisi nomor KK dan nama kepala keluarga, Upload Kelengkapan untuk mengupload dokumen pendukung, Monitoring untuk memonitor proses pembuatan Akta Kelahiran, dan Kelengkapan Dokumen untuk info dokumen pembuatan Akta Kelahiran. 

 

Kematian 

 

Klik menu Kematian, lalu akan muncul 4 menu berikutnya, yakni menu Daftar Kematian, Upload Kelengkapan, Monitoring, dan Kelengkapan Dokumen. 

 

Menu Daftar Kematian untuk pendaftaran pembuatan Akta Kematian, sementara menu Upload Kelengkapan untuk mengupload kelengkapan dokumen pendukung.

 

Selanjutnya menu Monitoring untuk memonitor proses pembuatan Akta Kematian, dan menu Kelengkapan Dokumen untuk info dokumen pembuatan Akta Kematian. 

 

Pindah Datang

 

Klik menu Pindah Datang, di dalamnya terdapat penjelasan tentang tata cara dan dokumen persyaratan pengajuan pindah datang. 

 

Jika sudah memahami dan memiliki dokumen yang dipersyaratkan, silakan klik menu pendaftaran.

 

Pindah Keluar

 

Klik menu Pindah Keluar, di dalamnya terdapat penjelasan tentang tata cara dan dokumen persyaratan pengajuan pindah keluar. 

 

Jika sudah memahami dan memiliki dokumen yang dipersyaratkan, silakan klik menu pendaftaran.

 

Perkawinan

 

Klik menu Perkawinan, di dalamnya terdapat penjelasan tentang tata cara dan dokumen persyaratan pencatatan perkawinan. 

 

Jika sudah memahami dan memiliki dokumen yang dipersyaratkan, silakan klik menu pendaftaran.

 

Perceraian

 

Klik menu Perceraian, di dalamnya terdapat penjelasan tentang tata cara dan dokumen persyaratan pencatatan perceraian. 

 

Jika sudah memahami dan memiliki dokumen yang dipersyaratkan, silakan klik menu pendaftaran. Dukcapil***