Ditulis Pada 19 Desember 2017 16:40 WIB

Dirjen Imbau Dinas Dukcapil Umumkan Stok Blangko KTP-el pada Masyarakat

Jakarta - Untuk membangun budaya pelayanan yang transparan dan akuntabel, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menghimbau jajaran Dinas Dukcapil kabupaten/kota untuk mengumumkan jumlah ketersediaan blangko KTP-el yang ada di setiap kantor dinas, kecamatan, desa/kelurahan tempat pelayanan cetak KTP-el. 

 

Selain itu, hal ini juga dilakukan sebagai langkah nyata jajaran Dukcapil seluruh Indonesia dalam memberantas upaya percaloan dan Pungli. 

 

“Yuk jumlah blangko yang tersedia di dinas dan kecamatan untuk selalu diumumkan setiap hari”, imbuh Prof. Zudan. 

 

Menanggapi hal ini, beberapa daerah langsung melaksanakan imbauan Dirjen ini melalui berbagai media seperti papan pengumuman yang tersedia di setiap tempat pelayanan administrasi kependudukan. 

 

“Umumkan ketersediaan blangko di papan pengumuman”, lanjut Prof. Zudan. 

 

Di Kota Yogyakarta, sejumlah kecamatan tempat pelayanan pencetakan KTP-el sudah mengumumkan ketersediaan balngko setiap harinya. 

 

Di antaranya Ngampilan 200 keping, Mergangsan 158 keping, Wirobrajan 431 keping, Gedongtengen 88 keping, Tegalrejo 366 keping, Gondokusuman 251 keping, Jetis 360 keping, Umbulharjo 595 keping, Kotagede 255 keping, Gondomanan 270 keping.

 

“Rekan-rekan seluruh Indonesia, ini contoh Kota Yogyakarta yang sudah merespon instruksi tadi pagi. Blanko diumumkan jumlahnya”, ajak Dirjen Dukcapil.

 

Lainnya, ada Kabupaten Lebong 1.048 keping, dan Kabupaten Kepahiang 3.749 keping. 

 

Selain mengumumkan jumlah ketersediaan blangko KTP-el, Prof. Zudan juga memerintahkan jajaran Dinas Dukcapil untuk terus menjamin ketersediaan blangko dan kelancaran jaringan komunikasi data. 

 

“Untuk menjamin kelancaran pelayanan pencetakan, sebelum blangko di dinas habis agar segera mengambil ke pusat. Tolong cek dan pantau juga data center agar daerah tidak terganggu jaringannya”, tutup Ketua DPN Korpri ini. Dukcapil***