Ditulis Pada 28 Desember 2017 13:04 WIB

Dinas Dukcapil Gowa Sasar Penyandang Disabilitas Rekam KTP-el

Gowa – Pemkab Gowa melalui Dinas Dukcapil memastikan setiap penduduk di wilayah kerjanya memiliki identitas kependudukan berupa KTP-el, tidak terkecuali penyandang disabilitas.

 

Bermitra dengan Swadaya Mitra Bangsa (Yasmib) Sulawesi Selatan, Dinas Dukcapil Kabupaten Gowa menyasar para penyandang disabilitas untuk melakukan perekaman data KTP-el dari rumah ke rumah. 

 

Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Gowa, Edy Sucipto mengatakan, untuk mendapatkan layanan publik, setiap penduduk harus memiliki KTP-el. 

 

Untuk mereka yang berkebutuhan khusus, instansi yang dipimpinnya melakukan layanan jemput bola.

 

“Makanya kita menerapkan sistem jemput bola untuk mempermudah para penyandang disabilitas untuk melakukan perekaman”, pungkas Edy, Sabtu (23/12/2017).

 

Setelah melakukan perekaman, data penduduk akan dibawa dan diproses di kantor Dinas Dukcapil. Setelah jadi, KTP-el akan diantar langsung kepada pemiliknya. 

 

“Jadi tidak repot lagi dan bisa cepat mendapatkan indentitas resmi dari pihak kependudukan”, lanjutnya.

 

Pelayanan keliling atau jemput bola sebagai langkah konkrit Dinas Dukcapil untuk mempercepat kepemilikan KTP-el bagi warga. Selain itu, juga untuk mengurangi antrian di loket pelayanan Dinas Dukcapil. 

 

Terlebih, setiap hari Dinas Dukcapil melayani sekitar 700 orang untuk mengurus dokumen kependudukan. Dukcapil***