Ditulis Pada 12 April 2018 11:48 WIB

Canangkan GISA, 99,2% Warga Jabar Sudah Rekam KTP-el

Sumedang – Pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) sudah menyebar hampir ke seluruh Indonesia. 

 

Gerakan nasional untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib administrasi kependudukan (Adminduk) ini pertama kali dicanangkan secara nasional pada awal 2018 oleh Mendagri Tjahjo Kumolo saat pelaksanaan Rakornas Dukcapil di Kota Batam. 

 

Kini, giliran Provinsi Jawa Barat melakukan hal yang sama. Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia ini melakukan launcing pencanangan GISA di Gedung Balairung Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (11/04/2018). 

 

Jawa Barat, salah satu provinsi dengan capaian perekaman KTP-el tertinggi di Indonesia. Dengan jumlah penduduk 48 juta jiwa, Jawa Barat sudah merampungkan perekaman data KTP-el penduduknya sebesar 99,2%. 

 

Artinya, hanya tersisa 387.096 jiwa penduduk Jawa Barat yang belum melakukan perekaman data dirinya. Angka ini tentu di atas rata-rata perekaman nasional yang sudah mencapai 97,4%. 

 

“Alhamdulillah provinsi Jabar dengan penduduk yang paling banyak, data (perekaman KTP-el) kependudukannya sudah mencapai 99,2 persen”, jelas, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) saat peresmian GISA Jabar. 

 

Selain itu, ternyata penduduk Jabar termasuk penduduk yang taat dan tertib dalam melakukan perekaman data KTP-el. Hal ini dibuktikan dari tidak adanya data ganda atau NIK ganda dari Jabar dalam database kependudukan. 

 

“(Semua) dengan NIK tunggal dan tidak ada yang NIK ganda. Kita terus bergerak kearah akurasi kependudukan yang sangat baik," lanjut Aher.

 

Kesempatan yang sama, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menuturkan, prestasi capaian perekaman KTP-el di Jabar tidak lepas dari peran seluruh Dinas Dukcapil se-Jabar dan tingginya tingkat kesadaran masyarakat Jabar akan kepemilikan dan manfaat KTP-el.

 

Untuk itu, Prof. Zudan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jabar, jajaran Dukcapil se-Jabar, dan para bupati/walikota se-Jabar yang telah mendukung penuh suksesnya penyelenggaraan Adminduk di Jabar. 

 

“Terim kasih juga kepada masyarakat atas partisipasinya," tutur Zudan. 

 

Sebagai rangkaian acara, Gubernur Jabar didampingi Dirjen Dukcapil menyerahkan secara simbolis dokumen kependudukan berupa KTP-el, KK, Akta Kelahiran dan lainnya kepada beberapa perwakilan warga yang mengurus dokumen kependudukan. 

 

Usai pencanangan GISA, Dirjen Dukcapil dan Gubernur Jabar beserta Kepala Dinas Dukcapil se-Jabar juga berkesempatan menyaksikan langsung pelayanan KTP-el dan dokumen kependudukan. 

 

Layanan di Kampus IPDN Sumedang ini melibatkan seluruh Dinas Dukcapil se-Jabar untuk memberi kemudahan bagi warga mendapatkan dokumen kependudukan. Dukcapil***