Ditulis Pada 15 Januari 2018 13:09 WIB

Bupati Sijunjung Siapkan Mobil Keliling Dokumen Kependudukan

Sijunjung – Stelsel aktif pelayanan administrasi kependudukan sebagaimana amanat undang-undang Adminduk tidak hanya kepada masyarakat sebagai pemohon layanan, tetapi juga bagi pemerintah daerah. 

 

Untuk itu, sebagai wujud penerapan stelsel aktif pelayanan Adminduk, Dinas Dukcapil Kabupaten Sijunjung melayani dokumen kependudukan keliling kepada masyarakat. 

 

Pelayanan keliling dokumen kependudukan didukung dengan ketersediaan mobil pelayanan keliling dari Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin. 

 

Penyerahan secara simbolis mobil keliling telah dilakukan oleh Bupati Sijunjung kepada Kepala Dinas Dukcapil Yenuarita, Kamis (11/01/2018). 

 

Penyerahan yang berlangsung di kantor dinas Dukcapil Kabupaten Sijunjung dihadiri Sekda Kabupaten Sijunjung Zefnihan serta para kepala OPD. 

 

Sebagai penanda dimulai dioperasionalkannya mobil pelayanan keliling, Bupati Sijunjung juga melakukan penyiraman terhadap mobil pelayanan. 

 

“Mobil pelayanan keliling ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat kabupaten Sijunjung yang sulit dijangkau atau daerah-daerah terpencil”, pungkas Yuswir. 

 

Menurutnya, tujuan diadakannya pelayanan melalui mobil keliling adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang jauh, khususnya untuk masyarakat menengah ke bawah. 

 

Mobil keliling ini terbilang lengkap. Berbagai fasilitas sudah tersedia, mulai dari perangkat perekaman KTP-el, dan berbagai formulir pelayanan. 

 

“Mobil ini juga dilengkapi dengan fasilitas genset, hanya saja untuk proses pencetakan KTP-el, maupun dokumen-dokumen lainnya masih tetap dilakukan di kantor Disdukcapil”, jelasnya. 

Dokumen kependudukan, lanjut  Yuswir, proses tanda tangan dilakukan oleh Kepala Dinas selaku kepala dinas yang menangani pelayanan administrasi kependudukan. Dukcapil***