Ditulis Pada 20 April 2017 11:10 WIB

Bimtek Pencatatan Sipil Untuk Provinsi dan Kabupaten/Kota Angkatan IV

Jakarta – Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil menargetkan sebanyak 85% anak Indonesia usia 0 sampai 18 tahun sudah memiliki Akta Kelahiran pada tahun 2018. Jumlah ini lebih tinggi 2,5% dari target nasional yang hanya 82,5%. Dengan target tersebut, hingga tahun 2019, Ditjen Dukcapil menargetkan capaian kepemilikan Akta Kelahiran mencapai 95%. Sementara pada tahun 2019, target nasional hanya di angka 85%. 

 

Untuk mencapai target tersebut, Ditjen Dukcapil Kemendagri akan melakukan berbagai langkah strategis mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan. 

 

Bimtek Pencatatan Sipil diikuti oleh para Pejabat Pengawas (Kepala Seksi) dan Jabatan Fungsional Umum (JFU) pada Dinas Dukcapil. 

 

Materi Bimtek meliputi sbb:

 

  1. Kebijakan Teknis Penyelenggaraan Pencatatan Sipil
  2. Fasilitasi SIAK dalam Pengolahan Data Hasil Pelayanan Pencatatan Sipil
  3. Pencatatan Kelahiran, Lahir Mati dan Kematian dalam Mewujudkan Target Naisonal Kepemilikan Akta Kelahiran Anak
  4. Perjanjian Perkawinan, Pelayanan Terpadu dan Pencatatan Perceraian dan Perkawinan serta Tata Cara Pengisian Formulirnya
  5. Pencatatan Perubahan Status Anak sebagai Bentuk Perlindungan Anak dalam Kerangka Pencatatan Sipil dan Penyelesaian Kasus-Kasusnya
  6. Pencatatan Pewarganegaraan sebagai Bagian dari Hak Atas Identitas dan Tata Cara Pengisian Formulirnya
  7. Pelaporan Pencatatan Sipil untuk Mengukur Target Kinerja Pencatatan Sipil Kepemilikan Akta Kelahiran Anak (Tata Cara Pengisian Formulir Pelaporan Bulanan Pencatatan Sipil)
  8. Dukungan DAK bagi Pelayanan Pencatatan Sipil

 

Jadwal pelaksanaan Bimtek:

 

Angkatan IV pada tanggal 17 sampai 18 Mei 2017, diikuti peserta dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat, Sulawesi Utara, dan Jawa Timur.

 

Tempat pelaksanaan Bimtek:

Bimtek berlangsung di Hotel Park Jakarta Jl. DI. Pandjaitan Kav. 5 Cawang Jakarta Timur. Dukcapil***